Kamis, 25 Maret 2010

SUPERHERO YANG MATI BUNUH DIRI (28/03/2010)

| |


SIMSON (HAKIM-HAKIM 13)
SUPERHERO YANG MATI BUNUH DIRI

Dia seorang Superhero yang benar-benar pernah hidup di muka bumi ini. Dia memiliki kekuatan yang sangat hebat. Dengan tangan kosong, ia mampu melumpuhkan singa. Singa tersebut dicabik-cabiknya seperti mencabik-cabik seekor kambing. Dengan tulang rahang keledai, Simson mampu mengalahkan 1000 orang Filistin.

A. LATAR BELAKANG
Siapakah sebenarnya Simson itu? Ia adalah salah 1 dari 17 hakim-hakim yang memerintah umat Israel, sebelum mereka mempunyai Raja. Kisah para hakim ini tercantum dalam kitab Hakim-hakim yang sejarahnya mencakup periode kurang lebih  400 tahun. Kehidupan bangsa Israel dibawah pemerintahan Hakim-hakim sungguh lebih banyak sedihnya daripada senangnya. Mengapa? Karena, kehidupan mereka pada masa itu selalu jatuh bangun. Sebentar mereka bangkit karena ada hakim yang kuat memimpin bangsa itu, tetapi tak lama kemudian jatuh lagi dalam penyembahan berhala dan memberontak kepada Tuhan. Pada zaman Simson umat Israel kembali dalam keadaan terpuruk.
(hakim-hakim 13:1) Karena kejahatan itulah, Tuhan menyerahkan mereka ke tangan orang Filistin. Umat Israel menjadi bangsa kelas budak yang miskin, merana dan parah. Keadaan ini berlangsung 40 tahun lamanya. Dalam keadaan seperti ini, malaikat Tuhan menampakkan diri kepada keluarga Manoah (bukan Manohara lho???) dan memberitakan akan datangnya seorang Israel yang datang dari rahim istri Manoah. Tentu saja berita yang indah ini disambut dengan sukacita. Kemudian, anak yang lahir itu diberi nama SIMSON (little sun) yang artinya matahari kecil (Hakim-hakim 13). Persoalannya adalah apakah tampilnya Simson sebagai pemimpin umat Israel benar-benar mendapatkan “cahaya matahari” yang sangat mereka dambakan dalam hidup mereka? Jawaban terhadap pertanyaan ini seharusnya YA. Namun sayang kisah Simson dalam kitab Hakim-hakin memberi jawaban TIDAK!!! Riwayat hidupnya dalam kitab Hakim-hakim adalah SUPERHERO YANG MATI BUNUH DIRI. Mengapa bisa demikian?

B. SIMSON LEBIH SUKA MENYENANGKAN DIRI SENDIRI DARIPADA MENYENANGKAN HATI Tuhan. (HAKIM-HAKIM 13:1-5)
Kesalahan pertama yang dibuat Simson adalah menyenangkan diri sendiri daripada menyenangkan hati Tuhan. Ketika malaikat Tuhan memberitahukan kelahiran Simson, dia harus menjalani hidup sebagai seorang nazir Allah, seorang yang dipilih/dipisahkan secara khusus untuk kemuliaan Tuhan. Seorang nazir:
1. Tidak boleh memotong rambutnya seumur hidup.
2. Tidak boleh minum minuman keras.
3. Tidak boleh menyentuh mayat.
4. Harus hidup penuh penyerahan kepada Tuhan.
Namun, sayang sekali Simson lebih menyukakan diri sendiri daripada menyenangkan hati Tuhan. Ia hidup dibawah kendali nafsu kedagingannya daripada Roh Allah. Contoh: dengan santainya, Simson tidur dengan WTS tanpa merasa bersalah apa-apa. (Hakim-hakim 16:1)
Dalam hidup banyak orang yang menamakan diri sebagai orang Kristen, kita juga menjumpai banyak sekali orang dengan tipe seperti Simson. Mereka memang beribadah dan berteriak HALLELUYA namun sebenarnya bukan Tuhan yang bertakhta dalam hati mereka melainkan keakuannya sendiri. Si “AKU” duduk di atas takhta hati, sedangkan Tuhan diletakkan dibawah. Akibatnya mereka menjadi batu sandungan bagi orang lain untuk menerima Kristus sebagai Juruselamat. Secara lahiriah, orang itu memang beribadah, tetapi setelah kebaktian, ya sudah kembali menyenangkan diri sendiri. Hal itu semakin nyata dalam kehidupan sekarang ini (II Timotius 3:2-5). Hidup yang benar yang menyenangkan hati Tuhan adalah Yesus saja yang kita sembah, Ia harus semakin besar, dan si “AKU” harus semakin kecil (I Petrus 1:14-16).

C. SIMSON MEMADAMKAN API PENGURAPAN ROH TUHAN
Roh Tuhan memperlengkapi Simson dengan pengurapan yang luar biasa sehingga ia memiliki kekuatan seperti SUPERMAN. Kekuatan Simson yang luar biasa itu dapat kita lihat dalam ayat-ayat di bawah ini:
1.      Hakim-hakim 13:24-25
Lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan memberi nama Simson kepadanya. Anak itu menjadi besar dan Tuhan nenberkati dia. Mulailah hatinya digerakkan oleh RohTuhan di Mahane Dan yang terletak di antara Zora dan Esytaol.
2.      Hakim-hakim 14:5-6
Pada waktu itu berkuasalah Roh Tuhan atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing – tanpa apa-apa ditangannya. Tetapi tidak diceritakannya kepada ayah/ibunya apa yang dilakukan itu.
3.      Hakim-hakim 15:14-16
Setelah ia sampai ke Leli dan orang-orang Filistin mendatangi dia dengan bersorak-sorak, maka berkuasalah Roh Tuhan atas dia dan tali-tali pada tangannya menjadi seperti batang rami yang telah habis di makan api dan segala pengikatnya hancur tanggal dari tangannya.

Namun sayang sekali Simson tidak menghargai anugerah dan urapan Allah yang begitu melimpah. Bahkan, ia merasa urapan itu otomatis menjadi miliknya, tanpa harus hidup kudus sesuai dengan panggilan yang ada pada dirinya. Padahal tanpa Tuhan, Simson hanya manusia biasa.
Itulah sebabnya, ketika ia jatuh dalam pelukan Delila dan dibujuk olehnya, Simson tidak bisa berbuat apa-apa, Delila di sewa oleh orang-orang Filistin untuk mencari tahu letak kekuatan Simson. Ia berhasil mendapatkannya. Ketika mereka berdua bermesraan tertidurlah Simson, Delila yang sudah tahu letak kekuatan Simson ada dirambutnya, kemudian mengikat Simson dan menggunting rambut kekasihnya itu. Ketika Simson terbangun dan mendapati tangannya terikat, ia kemudian berkata, “Seperti yang sudah-sudah aku akan bebas dan akan meronta lepas” tetapi ia tidak tahu bahwa Tuhan telah meninggalkan dia (Hakim-hakim 16:20). Seperti Simson, kitapun dapat memadamkan Roh Allah. Setelah hari Pantekosta, Roh kudus tidak lagi datang dan pergi dari kehidupan kita. Roh kudus sekarang sudah tinggal dalam hati kita (dwellin). Namun demikian, meskipun Ia tidak datang dan kemudian pergi lagi, Ia adalah pribadi yang dapat terluka.

Oleh karena itu, kita harus menjaga perilaku supaya tidak mendukacitakan bahkan memadamkan Roh Allah yang tinggal dalam hati kita.
1. Mendukacitakan Roh Kudus (Efesus 4:28-31)
    Lalu bagaimana cara kita untuk tidak mendukacitakan Roh Kudus?
a. Bertobat dari perilaku yang jahat
b. Tidak berkata jorok, tetapi berkata-kata yang membangun iman untuk orang lain.
c. Tidak ada kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah
d. Ramah kepada orang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni
2. Memadamkan Roh Kudus (I Tesalonika 5:19) Bagaimana Roh Kudus bisa dipadamkan? Roh Kudus dalam hati kita bisa padam jika kita melakukan hal-hal yang mendukacitakan Roh Kudus. Setelah kita mendukacitakan Roh Kudus bahkan memadamkan-Nya, hidup kita akan kehilangan hadirat Allah, kita akan kehilangan kuasa dan hati kita akan semakin tidak peka. Kita akan bisa melakukan dosa tanpa ada rasa bersalah supaya kita dibilang anak gaul jaman sekarang, bukan anak cupu yang hidupnya gak neko-neko.

Ini adalah kondisi yang sangat memprihatinkan, Roh Kudus seringkali digambarkan dengan api. Api itu bisa padam. Bagaimana caranya?
1. Disiram air
    Maksudnya, Roh Kudus “disiram” terus dengan dosa lama kelamaan, api Roh Kudus menjadi padam.
2. Menghentikan supply
    Lalu, apakah yang menjadi supply rohani?
    Jawabannya: berdoa, membaca Firman Tuhan, memuji Tuhan, menyerahkan diri pada Tuhan, ibadah.
    Jika supply rohani itu tidak ada lagi dalam kehidupan kita, api Roh Kudus akan padam dengan sendirinya.

D. SIMSON BERDOA HANYA KALAU PERLU SAJA
Sebagi nazir Allah, seharusnya Simson hidup dekat dan bersekutu dengan Allah yang telah memanggilnya. Namun, Simson hanya menjadikan Tuhan untuk “tambal ban” saja. Ia berdoa hanya kalau perlu saja, ini adalah contoh doa yang negatife. Berapa kalikah Alkitab menuliskan Simson sedang berdoa? Hanya 2 kali yaitu
1. Hakim-hakim 15:18-19
    Setelah Simson membunuh 1000 orang Filistin dengan tulang rahang keledai, ia merasa sangat haus.
    Berdoalah Simson untuk meminta air, Tuhan menjawab doanya itu dengan mujizat.
    Bandingkanlah perilaku Simson tersebut saat ia melihat wanita cantik. Apakah ia berdoa terlebih dahulu
    saat mau menikah dengan Delila? Tidak. Apakah ia berdoa terlebih dahulu saat menginginkan wanita dari
    Gaza dan Timna? Tidak.
2. Hakim-hakim 16:28
    Ini adalah doa terakhir ketika Simson mau bunuh diri, ketika kondisi tubuhnya sangat lemah dengan ke-2
    mata yang buta, ia meminta kepada Tuhan supaya kekuatannya dipulihkan.

Padahal Firman Tuhan berkata supaya kita senantiasa berdoa tanpa berkeputusan (I Tesalonika 5:17). Doa janganlah dijadikan sebagai “tambal ban” saja tetapi doa harus merupakan hal utama - seperti nafas - dalam kehidupan rohani kita. Namun, sayang sekali banyak orang enggan berdoa karena merasa itu hanya buang-buang waktu saja. “Anak gaul masak berdoa?” mendengar ucapan tersebut gengsi kita timbul dan hati kita ingin dipuji dengan hebatnya oleh teman-teman kita. Mereka merasa kuat tanpa Tuhan tapi kenyataannya nol besar. Banyak orang juga memiliki sikap seperti Simson, yaitu berdoa hanya kalau perlu saja. Kalau perlu ya berdoa, kalau tidak perlu ya tidak berdoa. (Ya nggak ya???) Koreksi hati kita???
Look, in your heart guys!!!

E. PELAJARAN PENTING!!!!
Daniel adalah contoh orang yang memiliki kehidupan doa yang baik (Daniel 6:11-12). Apabila Simson memiliki kehidupan doa seperti Daniel, tentu ia tidak akan jatuh. Doa adalah kunci dari pertumbuhan iman seseorang. Kata “tumbuh” sendiri dapat dijabarkan menjadi beberapa kalimat indah yaitu:
T : iap-tiap hari berdoa (Yohanes 15:7)
U : sahakan baca Alkitab (Kisah Para Rasul 17: 1)
M: inta kekuatan untuk menaati Firman Tuhan (Yohanes 14:21)
B : iasakan bersaksi kepada orang lain (Matius 4:19 dan Yohanes 15:8)
U : sahakan mempercayakan seluruh segi kehidupankita kepada Kristus.
H : endaklah Roh Kudus dipersilahkan menguasai hidup kita hari demi hari (Galatia 5:16-17 dan
     Kisah Para Rasul 1:8)

F. SIMSON MENUAI APA YANG DITABURNYA
Simson menabur hawa nafsunya, akibatnya ia menuai kebinasaan yang menyedihkan:
1. Matanya dicungkil sehingga ia menjadi buta 
    (Hakim-hakim 16:21). Nama Simson artinya matahari kecil, tetapi ia sekarang tidak bisa melihat matahari.
2. Simson dimasukkan penjara menjadi budak dan kerjanya sehari-hari ialah menggiling gandum, terbelenggu
    dengan 2 rantai tembaga (Hakim-hakim 16:21).
3. Simson dijadikan pelawak oleh orang-orang Filistin, berdiri diantara tiang-tiang (dipermalukan secara
    habis-habisan) (Hakim-hakim 16:25)
4. Simson akhirnya bunuh diri bersama dengan + 3000 orang Filistin yang mati dibunuhnya, pada waktu
    matinya itu lebih banyak daripada yang dibunuhnya pada waktu hidupnya (Hakim-hakim 16:28-30).
Simson memulai hidupnya dengan baik, namun mengakhiri hidupnya dengan sangat buruk. Ia menabur hawa nafsu dan menuai kebinasaan. Apa yang terjadi atas Simson jelas membuktikan kebenaran Firman Tuhan (Galatia 6:7-8)

ILUSTRASI :

Raja Louis XIV dari Perancis adalah raja yang sangat kejam. Ketika rakyat menderita kelaparan, mereka meminta roti dan makanan kepada Raja. Mereka mendesak
supaya lumbung-lumbung kerajaan di buka dan dibagikan kepada rakyat. Namun, Louis XIV dengan pongah berkata: “Biarkan saja mereka makan rumput .” Pada saat itu ia sedang menabur kejahatan. Beberapa tahun kemudian, Revolusi Perancis tidak dapat ditahan. Anak kesayangan Louis XIV ditangkap oleh dewan Revolusi, diputuskan anak Raja itu harus dipancung dengan guillatine, tetapi sebelumnya ia harus makan rumput terlebih dahulu. Rumput masih berada dimulutnya, putra mahkota itu dipancung dengan guillatine. Pada saat itu Louis XIV sedang menuai kebinasaan dari kejahatannya.

G. AYAT EMAS : I Petrus 1:14-16
“Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu, tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu, sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.”

H. KESIMPULAN :
Ini adalah hukuman yang sudah ditentukan oleh Tuhan. Kali ini kita telah belajar dari pengalaman Simson.
So, guys let Him come in your heart and stay in your heart!!! Jesus love you . .

0 komentar:

Ir arriba

Posting Komentar

JADWAL IBADAH

SUNDAY SERVICE
SUNDAY, 09.00 AM-11.00 AM

INTERCESSORY PRAY (DOA SYAFAAT)
MONDAY, 18.30 PM

DISCIPLESHIP (PEMURIDAN)
WEDNESDAY, 18.30 PM

EL-GIBBOR YOUT CAMP
FRIDAY, 18.30 PM-20.00 PM

CP;
DHIKA 087831900070
MARYO 085290379421

Mengenai Saya

Foto saya
JL. BUMIJO 20 B, YOGYAKARTA, Indonesia
AYO!!!GABUNG BERSAMA KAMI DI EL-GIBBOR MINISTRY YOGYAKARTA...... GOD BLESS YOU......

Etiquetas

Day 1 (1)

Blog Archive

Followers

 
 

Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
Ir Arriba